Selamat Datang di website SMA Negeri 1 Empang Sekolah Hebat Sejahtera
 SMA NEGERI 1 EMPANG

BERITA

PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH

PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH UNTUK PESERTA DIDIK

 “LASKAR TANA KAROYA”  SMAN 1 EMPANG.

             Pagi ini (Sabtu, 20 Agustus 2022), Palang merah remaja (PMR) SMA Negeri 1 Empang bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Empang melaksanakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan, Pengukuran Tinggi Badan, Penimbangan Berat Badan dan Pemberian Tablet Tambah Darah bagi siswa-siswi SMA Negeri 1 Empang.

Program suplemen Tablet Tambah Darah (TTD) pada siswa siswi SMA telah dimulai sejak tahun 2014 dan saat ini menjadi salah satu kebijakan intervensi spesifik yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya penurunan stunting. 


Upaya pemberian tablet zat besi ke sekolah-sekolah untuk remaja putri ini dilakukan untuk meminimalisasi perempuan usia muda mengalami anemia. Jika seorang remaja putri menderita anemia dan kemudian hamil maka akan berpotensi melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR). Hal ini disebabkan karena kurangnya supply oksigen dan makanan ke janin selama masa kehamilan. Oleh sebab itu,  untuk menghindari terjadinya hal tersebut maka UPT. Puskesmas  Empang memberikan Tablet Tambah Darah (TTD) kepada remaja putri SMA Negeri 1 Empang


Pembina PMR SMA Negeri 1 Empang dalam wawancara khusus dengan Tim Media Sekolah menyebutkan bahwa pemberian tablet tambah darah terutama pada remaja putri (siswi) adalah salah satu bentuk pelayanan gizi yang harus dilakukan apalagi remaja putri (siswi SMA) sudah memasuki usia menstruasi. Salah satu resiko dari siklus menstruasi pada remaja putri adalah anemia yang dapat berdampak bagi semangat belajar yang bermuara pada prestasi dan kesehatannya di sekolah yang bahkan dapat berujung pada situasi yang bisa membahayakan bagi kelangsungan hidupnya.


Menangani anemia salah satunya dengan program pemberian tablet tambah darah pada remaja putri. Berdasarkan Riskesdas Tahun 2021 Cakupan TTD yang diperoleh rematri adalah 76,2%, dan 80,9% nya mendapatkan dari sekolah. Kemenkes RI, Dirjen Kesmas, mengeluarkan surat edaran nomor HK 03.03/V/0595/2016 tentang Pemberian Tablet Tambah Darah pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur. Dengan sasaran anak usia 12-18 tahun yang diberikan melalui institusi pendidikan dan wanita usia subur (WUS) usia 15-49 tahun di institusi tempat kerja. Pemberian TTD dengan komposisi terdiri dari 60 mg zat besi elemental (dalam bentuk sediaan Ferro Sulfat, Ferro Fumarat atau Ferro Glukonat) dan 0,4 mg asam folat.