Selamat Datang di website SMA Negeri 1 Empang Sekolah Hebat Sejahtera
 SMA NEGERI 1 EMPANG

BERITA

PEMBENTUKAN PAGUYUBAN ORANG TUA SISWA

  RAPAT SOSIALISASI PROGRAM SEKOLAH DAN PEMBENTUKAN

PAGUYUBAN ORANG TUA SISWA TAHUN 2022-2023.

 

Sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal, Program Pendidikan Keluarga (Peran Kemitraan Dalam meningkatkan Karakter dan Prestasi Peserta Didik) menjadi salah satu modal utama bagi SMA Negeri 1 Empang untuk bisa maju dan berkembang dalam bekerja sama dan sama-sama bekerja. Dua kata yang mengandung makna bahwa sinergitas itu harus dibentuk dan dibangun atas komitmen bersama.

Sebagaimana dipahami bahwa pendidikan adalah suatu usaha sadar yang dilakukan manusia untuk menumbuh kembangkan potensinya sesuai dengan nilai-nilai dan budaya yang ada dalam masyarakat. Kualitas pembelajaran yang diperoleh siswa di sekolah, selain tanggung jawab dari kepala sekolah dan guru juga merupakan tanggung jawab dari orang tua. Sebaik apapun pembelajaran yang diperoleh oleh siswa jika tidak ditindaklanjuti di lingkungan keluarga maka hasil pembelajaran yang diperoleh oleh siswa tersebut tetap tidak akan optimal.


Kualitas pembelajaran yang diperoleh oleh anak-anak di sekolah bukan hanya tanggung jawab kepala sekolah dan guru, namun menjadi tanggung jawab orang tua juga. Sebaik apapun pelajaran yang diperoleh para siswa, jika tidak ada keberlanjutannya saat di rumah, maka hasil pembelajaran yang didapatkan oleh anak-anak pun tidak akan optimal.  Itu Oleh karena  diperlukan kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua siswa dalam membangun komunikasi dua arah.

         Orang tua sebagai bagian dari ekosistem pendidikan, memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Di sekolah memang sudah ada Komite Sekolah yang biasanya beranggotakan beberapa orang tua siswa. Namun, sejauh ini fungsi Komite Sekolah lebih banyak menjadi Pemberi pertimbangan (advisory agency), Pendukung (supporting agency), Pengontrol (controlling agency), dan

Mediator antara pemerintah (eksekutif) dengan masyarakat di satuan pendidikan. Dimana keempat fungsi tersebut di atas dijalankan oleh beberapa orang yang menjadi perwakilan orang tua siswa lebih banyak bersentuhan dengan unsur pimpinan. Dan  tidak terikat langsung dengan substansi pendidikan dan teknis pengajaran maupun layanan dasar pendidikan anak yang dilakukan oleh para guru di lapangan. Oleh karena itu, untuk menjembatani komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua siswa yang langsung berkaitan dengan substansi pendidikan dan teknis pembelajaran, seyogyanya dapat dibentuk forum atau paguyuban orang tua siswa—sebagai wujud nyata upaya untuk turut aktif terlibat dalam membangun komunikasi dua arah antara orang tua siswa secara keseluruhan yang tergabung dalam paguyuban orang tua baik paguyuban kelas, maupun paguyuban di tingkat sekolah.


Terkait hal tersebut di atas, Senin 12 September 2022, sebagai aktualisasi program kehumasan, dilaksanakan “Rapat Sosialisasi Program Kerja Sekolah”  sekaligus pembentukan paguyuban orang tua siswa bersama dengan orang tua Wali Murid Kelas X dan XI, bertempat di halaman depan Sekolah yang sehari harinya difungsikan sebagai area parkir siswa. Acara ini dimulai tepat pukul 09.00 WITA diawali dengan sambutan Kepala SMA Negeri 1 Empang  Junaidi, S.Pd.,M.Pd.  Di dalam sambutannya, Kepala Sekolah menyampaikan bahwa masa kepemimpinan beliau selama satu tahun satu bulan sejak dimutasi sebagai Kepala SMA Negeri 1 Empang, sudah banyak ikhtiar perubahan dilakukan baik fisik maupun nonfisik, hasilnya adalah selama kurun waktu tersebut secara kuantitatif ditunjukkan oleh jumlah siswa sebelumnya berjumlah 830 orang, tahun ini terdaftar sebanyak 946 siswa, dari 25 rombel di tahun sebelumnya meningkat menjadi 28 rombel,  ini menunjukkan tingkat kepercayaan orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya di SMA Negeri 1 Empang semakin baik. Secara kualitatif, prestasi siswa siswi SMA Negeri 1 Empang juga semakin baik. Dalam berbagai ajang lomba yang diikuti, siswa siswi SMA Negeri 1 Empang berhasil mencatatkan namanya sebagai juara dan yang terbaru, dua orang siswa siswi SMA Negeri 1 Empang berhasil mencatatkan namanya sebagai satu satunya duta SMA di Kabupaten Sumbawa pada bidang astronomi, dan  lolos sebagai peserta Olimpiade sains Nasional “Tingkat Nasional” setelah meraih juara 1 dan 2 di ajang yang sama tingkat Provinsi.