Selamat Datang di website SMA Negeri 1 Empang Sekolah Hebat Sejahtera
 SMA NEGERI 1 EMPANG

BERITA

SABTU BUDAYA "MANGAN RAME"

Sabtu Budaya Terakhir Kelas XII, OSIS SMA Hebat Sejahtera Gelar Kegiatan Mangan Rame.

Smansa Empang, (4 Maret 2023)

Ada yang spesial pada Kegiatan Sabtu Budaya di SMA Negeri 1 Empang sabtu 4 maret 2023, setelah suasana haru halal bihalal Jum’at Imtaq terakhir untuk peserta didik kelas XII (Jum’at, 3 Maret 2023), hari sabtu yan baru lalu OSIS SMA Negeri 1 Empang menggelar kegiatan Mangan Rame. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memupuk keakraban dan kebersamaan antara peserta didik kelas XII yang sebentar lagi akan memasuki masa purna siswa dengan adik-adik kelasnya, juga karena peserta didik seluruhnya akan menghadapi Penilaian Hasil Belajar Tengah Semester (PHBTS) genap yang akan dilaksanakan dari tanggal 6 s.d 11 Maret.


Tradisi Mangan Rame sendiri Tradisi adalah sebuah tradisi makan bersama bagi masyarakat Sumbawa yang biasanya dilakukan pada hari Jumat terakhir sebelum memasuki bulan Ramadhan.  Penyajian makanan di acara mangan Rame menggunakan nampan (dulang), di atasnya ditaruh nasi  dengan lauk pauknya yang terdiri dari sayuran, ikan, daging atau ayam. Sajian itu disebut “Dulang”. Dulang itu diletakkan secara berjajar membentuk barisan dengan jumlah sebanyak jamaah sholat Jumat di masjid. Tradisi ini dicoba dilaksanakan di SMANSA Empan pada momentum hari hari terakir KBM menjelang Pelaksanaan PBTS 6 - 11 maret dan Ujian Sekolah 13 – 21 maret 2023, atau kegiatan sabtu budaya terakhir untuk siswa kelas XII.

 

Mewakili Kepala SMA Negeri 1 Empang yang sedang tugas dinas di mataram, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan Anna Susilawati, S.Pd., membuka kegiatan ini. Dalam sambutannya, Ibu Wakasis mengapresiasi inisiatif peserta didik dibawah koordinasi wali kelasnya, sehingga mampu menggelar kegiatan ini dengan kesederhanaan yang ada, tidak menyurutkan niat peserta didik kelas X dan XI memberikan kesan terakhirnya kepada kakak kelasnya yang sebentar lagi akan memasuki masa purna siswa.


Kepala SMA Negeri 1 Empang, Junaidi, S.Pd.,M.Pd., yang dihubungi melalui telepon oleh Tim Website rungan sakola menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas terlaksananya kegiatan ini, sembari menitipkan pesan agar kegiatan-kegiatan seperti ini di masa depan bisa terus dilaksanakan di dalam bingkai kegiatan Sabtu Budaya. “Kegiatan-kegiatan budaya sebagai identitas dan kekhasan kita sebagai Tau tana Samawa harus terus kita upayakan tetap lestari sebagai bentuk kebanggaan dan kecintaan kita kepada daerah ini, untuk mewujudkan Nusa Tenggara Barat Gemilang dan Sumbawa Gemilang dan Berkeadaban.”


Sementara itu, Ketua OSIS SMA Negeri 1 Empang Muhammad Iqbal saat ditemui oleh Tim Website rungan sakola menyampaikan bahwa agenda Kegiatan Mangan Rame ini adalah kegiatan yang diupayakan rutin dilaksanakan minimal 2 bulan sekali, kegiatan kali ini sebagai persembahan kami kepada kakak-kakak kelas XII yang sebentar lagi akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. “Kami titipkan pesan dan harapan agar kakak-kakak ini sukses kedepannya.” Pungkas Ketua OSIS yang dikenal supel, ramah dan energik ini.


Semoga dengan kegiatan Mangan Rame ini, bisa memupuk kebersamaan dan ikatan persaudaraan sesama civitas akademika SMA Negeri 1 Empang sebagai modal dasar kemajuan sekolah, SMA Hebat Sejahtera. (tw)

Suvervisi Tahun Pelajaran 2022/2023
KONTAK
Alamat :

Jln. Lintas Sumbawa Bima

Telepon :

0371 6191040

Fax :

0371 6191040

Email :

sman_empang@yahoo.co.id

Website :

https://www.sman1empang.sch.id/

Media Sosial :
KALENDER

April 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30